11 April 2008

BermainJARI dan KATA

Seperti biasa sebelum Wafi dan bunda bobo malem, kami berdua ngobrol2 baik itu saat Ayah ada di rumah maupun sekarang. Teng pukul 20.00 wib tepat, Wafi masuk kamar sambil tarik2 bundanya sama bilang "äyo bunda..ngobrol2 sambil main jari dan kata". Padahal bundanya lagi asik nonton sinetron...gag peduli pokoknya bunda harus masuk kamar...titik gag boleh koma..bisa2 teriakan Wafi membahana keseluruh rumah.

Permainan itu sengaja bunda ciptakan *halah...ciptakan..maksudnye?* karena Wafi paling susah kalo diminta untuk belajar, sampai2 Wafi pernah bilang gini ke bunda.."Bunda..tau gag?Wafi gag suka belajar!belajar gag enak!". * Aaaahhh*, gimana coba kalo gitu !! akhirnya bunda mesti muter otak gimana caranya agar jagoan kecil bunda ini tetep pinter tanpa belajar hehehehehe..ya akhirnya nemu pemainan jari dan kata ini.

Permainan jari? sebenernya sama dengan berhitung dengan jari ..tapi biar Wafi semangad..kami berduan namain 'bermain jari', ituloh berhitung tambah..kurang...bagi..kali, tapi untuk wafi baru sampai tambah dan kurang aja.., jadi mainnya gini, bunda yang kasih pertanyaan dan wafi yang jawab..saat awal mainnya sih berhitung yang mudah dulu seperti 1+1 dst...dan sekarang dah mulai angka diatas 10 seperti 10+1 dst.... Misalkan 10+9?...caranya angka 10nya dibayangkan dalam pikiran dan angka 5 dengan menggunakan jari..jadi 10..11..12..13..14..15, pokoknya gitu deh..hehehehe gag ngerti ya...liat contoh gambar aja deh..

Permainan kedua..bermain kata, wafi itu juga paling males kl disuruh nulis..untuk baca sih lumayan tapi masih belon lancar banget, permainannya seperti ini, Bunda yang tanya ke Wafi misalkan kata sederhana "BASO"..gimana nulis diudaranya..kemudian wafi menyebutkan masing2 huruf trus ditulis pake jari telunjuknya di udara..B..A..S..O..., ya sepeerti itulah daripada si abank sama sekali gag belajar..diakalin deh.

Setelah jagoan kecil bosen dilanjutkanlah dengan ngobrol-ngobrol (istilahnya Wafi), biasanya sih hanya ngobrolin kegiatannya bunda sm wafi sehari-hari..kadang2 juga ngobrol gag jelas banget..maklum si abank kl nanya suka aneh-aneh dan gag jelas maksudnya ato mungkin bunda kali ya yang suka gag nangkep abis dah ngantuuuuk. Wafi tuh sama kayak bundanya rada berisik dan cerewet (xixixix ngaku..ngaku) semua ditanya..tapi giliran dia yang ditanya jawabnya sekenanya dan suka-suka..pokoknya orang gag boleh tanya, cuma wafi aja yang boleh..gitu kali prinsipnya..hehehehe.

Ya seperti itulah.. Bunda gag pernah maksaiin Wafi untuk belajar serius biar ajalah Wafi menikmati dunianya dengan bermain...termasuk belajar juga dengan bermain. Toh memank terbukti dengan bermain dan dengan suasana yang menyenangkan Wafi mudah menyerap segala sesuatu yang diajarkan.

4 comments:

Vera said...

Duuh...abank Wafi makin pinter ajah diajarin bunda yah. Tul, jgn maksain anak belajar kalo dia ga mood.

Bang, ayo main ma Azka yuk..

Anonymous said...

..memang kita sebagai orangtua harus kreatif cari2 cara belajar yang paling pas buat anak kita, dan hanya kita sendiri sebagai orangtua (terutama) ibu yang paling tahu karakter anak kita, bukan bu guru atau orang lain..ayo dhek, semangat ya..biar pinter kaya mama-papanya..

Anonymous said...

Bundanya Wafi pinter!!! Cerdas!!! Kreatif!!! Belajar sambil bermain emang ampuh ya... Ortu dan anak jadi sama2 senang dan yang penting tujuan juga tercapai.

Eucalyptus said...

Yaaa, gitulah anak, gak bisa dipaksa belajar.... bagus banget tuh dgn cara bermain Wafi jadi semangat ya belajarnya

==================================================================================================

Our Anniversary

DaisypathNext Anniversary Ticker

Popular Posts